Lihat tarif les privat murah di Bekasi Jakarta
guru privat murah
0813-8337-6974
0895-1877-2445

telegram:
t.me/suksesprivat

5 Alasan – Si Kecil Perlu Les Privat

Menjadi” Lebih” Dengan Les Privat
Oleh Murni Hadijah Harahap
Tidak dapat dipungkiri bahwa tuntutan lebih atas kemampuan anak usia sekolah dasar (7–12th), menengah pertama (12–15th), dan menengah atas (15–18th) di Indonesia khususnya sangatlah menjadi perhatian para orangtua dan guru saat ini. Hal ini tidak terlepas dari tingginya standar yang digariskan oleh pemerintah, yaitu Kementerian Pendidikan Dasar dalam menetapkan kurikulum dan hasil pencapaian siswa di sekolah.
Banyaknya mata pelajaran yang harus ditempuh di sekolah tidak sebanding dengan jumlah jam belajar siswa setiap harinya. Hal ini melahirkan kegelisahan baik dari pihak guru, siswa didik, dan orangtua.
Kegelisahan para guru, siswa didik, dan orantua siswa ini pun akhirnya tertangkap oleh para pemerhati pendidikan untuk menyelenggarakan suatu model pembelajaran tambahan yang dapat menjadi solusi alternatif bagi siswa dan orangtua.
Model pembelajaran tambahan yang diselenggarakan di luar sekolah dan di luar jam sekolah ini salah satunya kita kenal dengan ‘Les Privat”.
Les Privat menjadi salah satu solusi yang dapat mempermudah dan membantu siswa dalam memahami pelajaran-pelajaran di sekolah. Oleh karena itu Les Privat menjadi semakin popular dan semakin diminati orangtua dalam membantu anak-anak mereka dalam mempelajari, dan memahami materi-materi pelajaran yang disajikan di sekolah.


Menurut pengamatan penulis, Les Privat memiliki beberapa keunggulan bila dibandingkan dengan model pembelajaran tambahan di luar sekolah lainnya. Adapun keunggulan-keunggulan Les Privat diantaranya adalah:
1. Belajar secara privat, artinya siswa akan mendapatkan perhatian penuh dari guru/tutor akan materi-materi yang belum dimengerti sepenuhnya oleh siswa, sehingga siswa dapat lebih fokus dalam memahaminya, sehingga pada akhirnya siswa memiliki rasa percaya diri karena memiliki pemahaman yang baik dan benar atas materi-materi pelajarannya di sekolah.
2. Materi ajar disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Hal ini sangat membantu siswa untuk maju lebih cepat dalam memahami materi ajar, karena guru/tutor sangat memahami kelebihan dan kekurangan siswanya. Sehingga metode belajarpun dapat menyesuaikan dengan situasi kondisi siswa dengan tujuan siswa dapat lebih relaks dan berkonsentrasi dalam menerima dan memahami materi yang diberikan.
3. Guru/tutor akan terus memonitoring perkembangan pembelajatran, sehingga kesulitan dan hambatan dalam menyerap dan memahami materi ajar dapat segera teratasi.
4. Belajar Privat dapat meningkatkat kemampuan berpikir kritis, karena tidak ada ruang hambatan antara siswa dan guru/tutor. Situasi ini terjadi karena siswa akan terdorong untuk mengungkapkan rasa keingintahuannya tanpa ada hambatan, seperti hambatan rasa malu karena takut salah bila bertanya, hambatan ditertawakan siswa lain. Situasi yang kondusif ini membuat siswa menjadi memiliki kemampuan untuk menjawab soal-soal dan tantangan yang diberikan oleh guru/tutor.
5. Belajar Privat, berarti siswa dapat menghindari kemacetan yang terjadi dijalan. Hal ini terjadi karen pihak guru/tutor lah yang akan datang langsung mengunjungi siswa didik.

Demikian sedikit yang bisa penulis sampaikan dalam tulisan tentang Les Privat, yang penulis ambil berdasarkan pengalaman dan dari berbagai sumber yang juga menjadi inspirasi dalam penulisan tulisan singkat ini. Semoga ada manfaat yang dapat kita ambil bersama.